Keterkaitan ‘Abdullah ‘Azzam dengan Usamah bin Laden

Pada halaman 137, saudara Abduh ZA mengatakan:
“Dari mana Al Ustadz Luqman tahu bahwa ini adalah doktrin yang diajarkan kepada Usamah bin Laden dan bahwa Usamah adalah murid DR. Abdullah Azzam?”

Pembaca yang budiman …
Untuk kesekian kalinya, dengan penuh percaya diri dia berani mengkritik dan menuduh orang lain dalam suatu permasalahan yang ternyata data dan faktanya sangat jelas dan mudah didapatkan. Untuk itu kami akan menyebutkan bukti dan fakta yang menunjukkan hubungan erat antara ‘Abdullah ‘Azzam dan Usamah bin Laden, serta pengaruhnya yang sangat kuat terhadap diri dan sikap Usamah. Sekaligus bukti yang menunjukkan bahwa Usamah bin Laden adalah murid ‘Abdullah ‘Azzam.

Dalam buku berjudul Bal Hiya Harbun ‘alal Islam karya Dr. Mu hammad ‘Abbâs, –yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul BUKAN.. Tapi Perang terhadap Islam1) , (edisi Indonesia buku ini diberi Pengantar oleh Abubakar Ba’asyir (pembesar MMI) dan Ir. H . Muhammad Ismail Yusanto, MM Jubir HTI (Hizbut Tahrir Indonesia)— disebutkan:

Pada halaman 271-272, di bawah pembahasan “BAGAIMANA PEMIKIRAN USÂMAH TERBENTUK”, dinyatakan sebagai berikut:

“Tapi, di perguruan tinggi, ada dua tokoh yang memiliki pengaruh tersendiri dalam kehidupannya, yaitu Ustadz Mu hammad Qutb 2) dan Syaikh ‘Abdullâh ‘Azzâm, karena Tsaqafah Islamiyah merupakan salah satu bidang studi wajib di Universitas.”

Kemudian pada halaman 272, di bawah pembahasan: “BIN LÂ DIN MEMULAI JIHAD” , dinyatakan sebagai berikut:
“Tapi, di perguruan tinggi, ada dua tokoh yang memiliki pengaruh tersendiri dalam kehidupannya, yaitu Ustadz Mu hammad Qutb 2) dan Syaikh ‘Abdullâh ‘Azzâm, karena Tsaqafah Islamiyah merupakan salah satu bidang studi wajib di Universitas.”

Kemudian pada halaman 272, di bawah pembahasan: “BIN L آ DIN MEMULAI JIHAD” , dinyatakan sebagai berikut:
“Dr. Syaikh ‘Abdullâh ‘Azzâm salah seorang yang dijumpai oleh Usâmah pada masa itu, lantas menanamkan kecintaan jihad pada dirinya. “

Kemudian pada halaman berikutnya (273), dinyatakan:
“Pembangunan Baitul Anshar bersamaan dengan pembangunan Maktabul Khidmât (Kantor Pelayanan Mujahidin –penerj.) di Peshawar yang diprakarsai oleh Syaikh ‘Abdullâh ‘Azzâm v . … Selama masa itulah, terjalin hubungan yang eratantara Syaikh ‘Abdullâh ‘Azzâm dengan Usâmah, …”.
[Cetak tebal pada penukilan-penukilan ini dari kami]

Demikianlah, ‘Abdullah ‘Azzam merupakan salah satu dari dua tokoh penting yang sangat berpengaruh pada diri Usamah bahkan terjalin hubungan erat di antara keduanya, sehingga ‘Abdull ah ‘Azzam menanamkan paham “jihad” kepadanya.

Sekali lagi, sebenarnya permasalahan ini sangatlah mudah. Bukti dan faktanya sangat jelas. Namun, saudara Abduh ZA dengan trik-triknya yang licik selalu berupaya untuk mencari celah-celah yang dapat menggiring pembaca untuk membenarkan kesimpulan-kesimpulan yang dimaukannya.

Catatan kaki :

1) Diterjemahkan oleh seorang yang menamakan dirinya Ibnu Bukhori, diterbitkan oleh Wacana Ilmiah Press, Solo ( wipress@plasa.com) (Cetakan Pertama: April, 2004).

2) Keterangan ini juga menunjukkan bahwa Muhammad Quthb yang merupakan salah satu tokoh berpaham IM —yang beberapa buku terjemahnya diterbitkan oleh Pustaka Al-Kautsar— memiliki pengaruh tersendiri dalam kehidupan Usamah bin Laden.

dari : Menebar Dusta Membela Teroris Khawarij, hal. 363-364

http://www.darussalaf.or.id/index.php?name=News&file=article&sid=921

Satu Tanggapan

  1. Alhamdulillah akh.. Benar..mereka (sayyid Quthb dan saudaranya juga syaikh mereka Al Maududi) memang berhaluan khawarij bukan mujahiddin. Saya pernah telah hampir tergelincir membaca buku-buku mereka..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: