Yayasan Darus Salaf

PERKEMBANGAN DAKWAH
AHLUS SUNNAH WAL JAMA’AH DI KOTA BONTANG

PEMBUKAAN

Seiring dengan berjalannya waktu… Alhamdulillah perkembangan dakwah Ahlu Sunnah Wal Jam’ah di Kota Bontang mulai ada kemajuan dengan bertambahnya berbagai kegiatan dakwah. Namun perkembangan tersebut belum diiringi dengan kesiapan kita untuk menyediakan sarana sarana penunjang. Sehingga mulai dirasakan ada beberapa kendala yang itu sedikit menghambat terutama masalah tempat .Keberadaan dakwah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di kota Bontang yang tidak memiliki lokasi sendiri sebagai pusat kegiatan dakwah memotivasi beberapa ikhwan untuk mencari/mengusahakan lahan yang akan diperuntukkan sebagai lokasi ma’had dan sarana penunjang lainnya. Alhamdulillah Allah memudahkan dalam banyak hal sehingga saat ini telah ada lahan yang siap bangun seluas ± 3 Ha.
Dari beberapa kali musyawarah antar ikhwan dan dengan bimbingan asatidz timbul komitmen yang kuat untuk berusaha mewujudkan keinginan memiliki ma’had sendiri dan sarana penunjangnya dengan mulai menggarap lahan yang sudah ada. Dan juga sebagai solusi dari berkembangnya kegiatan dakwah kita yang itu membutuhkan lokasi/tempat sendiri yang lebih luas.
Sebagai payung hukum yang memfasilitasi berbagai kegiatan dakwah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di kota Bontang maka kami membentuk sebuah yayasan yaituYayasan Darus Salaf dengan akte notaries J.Frans De Lannoy, S.H. no.20 tanggal 30 Mei 2007.
Dengan mengharap ridho Allah ta’ala semoga yayasan Darus Salaf dapat memberikan kontribusi bagi kaum muslimin untuk dapat menjadi generasi yang berilmu dan bertaqwa dengan bimbingan Al-Qur’an danAs-Sunnah di atas pemahaman As-Salafus-Sholih.

LANDASAN

“Dan tolong-menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa. Dan janganlah kalian tolong-menolong dalam dosa dan permusuhan.” (Q.S. Al-Ma`idah: 2)
“Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (Q.S. Ali ‘Imran: 104)

TUJUAN

1. Meningkatkan kualitas iman, keilmuan, dan peran serta muslimin menuju kehidupan bermasyarakat yang diridhai Allah Subhaanahu wa Ta’aalaa.
2. Memberikan pembekalan ilmu dan amal kepada umat Islam dengan berpedoman dan berlandaskan kepada Al-Qur`an dan As-Sunnah yang sesuai dengan pemahaman generasi awal umat Islam (salafush shalih).

PENGURUS

Penasehat : Al-Ustadz Abu Abdillah Muhammad Rifa’i Pengawas : Roni H.Zulkarnain
Ketua : Ridwan Sekretaris : Suryo Patmo Bendahara : Muhammad Isnaini Dakwah : Aris Mawan Pendidikan : Sutiono Website : Yudi Eka.S. Sosial kemasyarakatan : Iwan Wicaksono

PROGRAM KERJA YANG SUDAH BERJALAN.

a. Kegiatan Persiapan Pembangunan Ma’had.

1. Pembebasan lahan untuk bakal ma’had seluas ± 3 HA. Alhamdulillah dengan saling ta’awwun antara ikwah salafiyyin Bontang saat ini telah ada lahan siap bangun seluas ± 3 HA yang insyaAllah akan disiapkan sebagai lahan ma’had dan pemukiman islamy di kota Bontang.

2. Pembuatan badan jalan Ma’had. Kini telah dibuat badan jalan utama memotong di tengah tanah ma’had dan badan jalan untuk bakal lahan kapling perumahan ikhwah. Badan jalan selebar ± 5 meter dengan parit dikanan dan kiri jalan selebar 0.5 meter . Dengan adanya badan jalan tersebut akan memudahkan akses keluar masuk kendaraan membawa material bangunan.

3. Pembuatan jembatan. Ada 2 sungai kecil yang harus dibuatkan jembatan untuk dilalui jika menuju ma’had , Alhamdulillah kedua jembatan tersebut telah terbangun sehingga memudahkan akses ke masjid ( yang hendak dibangun) dan ma’had ( yang direncanakan ) biidznillah.

4. Pengaplingan lahan untuk pemukiman . Dari 3 Ha lahan yang ada , 1 HA dibuat kapling untuk pemukiman ikhwan salafiyyun. Kapling ukuran 15x10m sebanyak 48 kapling yang ditawarkan kepada ikhwah salafiyyun di Bontang , alhamdulillah telah terjual 90 % . Dan kini telah ada 3 ikhwan yang mendirikan rumah.

5. Pembangunan rumah yayasan. Bangunan rumah ukuran 8 x 12 meter yang terbuat dari kayu dan beratap seng ,untuk sementara ini difungsikan sebagai tempat sholat dan muroja’ah bagi ikhwah yang bermukim di lokasi ma’had , sekali sekali sebagai tempat taklim pada bulan romadhon , pemotongan hewan kurban , musyawaroh dan kegiatan lainnya.

b. Kegiatan Di Luar Persiapan Lahan Ma’had .

1. Kajian Ilmiyah rutin setiap hari. Kegiatan ini dilakukan di masjid masjid sekitar Bontang dan sekretariat yayasan Darus Salaf rutin setiap hari kecuali jum’at.

2. Kajian Ilmiyah rutin bulanan. Kajian ini diisi oleh Al Ustadz Abu Mu’awiyah Asykari pada pekan ke-3 setiap bulan ( sabtu dan ahad ).

3 Tarbiyatul Aulad. Alhamdulillah dengan segala keterbatasan yang ada saat ini Tarbiyatul Aulad telah berjalan dua semester dengan jumlah murid 15 santri . Untuk sementara masih menggunakan rumah kontrakan sebagai tempat belajar mengajar sekaligus untuk sekretariat Yayasan dan tempat tinggal ustadz. Harapan kita dengan adanya ma’had maka kegiatan pendidikan dapat dilakukan di ma’had sehinga lebih efektif.

4.Website. http://www.darussalaf.or.id adalah website dakwah yang memberi informasi tentang agama Islam yang haq berdasarkan AlQur’an dan As Sunnah dengan pemahaman Salafus Sholih

AGENDA KEGIATAN / PROGRAM KERJA YAYASAN

1.Melanjutkan program rutin yang sudah berjalan dengan baik.

2. Melanjutkan program pembangunan Masjid “Jabalus Sholah ” dilahan ma’had Km 10. Al hamdulillah setelah selesai tahap pemantapan gambar. Sekarang telah dimulai tahap awal pembangunan masjid yaitu pembangunan pondasi masjid tepatnya sejak sabtu 9 Jumadil awwal 1428 H/ 26 Mei 2007. Diharapkan dengan adanya masjid maka kegiatan kegiatan dakwah dan pendidikan sudah bisa dimulai di ma’had. Hal ini membutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk dapat merealisasikannya baik berupa pikiran , tenaga dan dana. Semoga Allah ta’ala memudahkan.

Dengan saling nasehat menasehati dan ta’awwun alal birri wa takwa untuk sama-sama memikul beban dakwah serta semangat, ikhtiar, do’a dan tawakkal kepada Allah Ta’ala , insyaAllah kami akan terus melangkah untuk mengembangkan dakwah yang haq berdasarkan Alqur’an dan AsSunnah dengan pemahaman salafus sholeh.

Allah ta’ala berfirman:

“Dan apa saja harta yang baik yang kamu nafkahkan (dijalan Allah), niscaya diberi pahalanya dengan cukup, sedangkan kamu sedikitpun tidak akan dianiaya (dirugikan).”
[Qs.Al-Baqoroh:272].

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:

“Apabila seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatannya, kecuali tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang shalih yang mendo’akannya.”
[HR.Muslim dan lainnya]

Semoga Allah Ta’ala memudahkan kita dalam urusan ini..amin.
Bontang , 18 Jumadil awwal 1428 / 6 Juni 2007
YAYASAN DARUS SALAF BONTANG

R i d w a n Suryo Patmo

Ketua Sekretaris

Mengetahui,

Al Ustadz Muhammad Rifa’i Roni H.Zulkarnain

Pembina Pengawas

*Informasi pendonasian hubungi Abu Shofiyyah Telp.0548556549 /HP. 08125368090. Email : darussalaf@yahoo.co.id


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: